Friday, August 3, 2012

Pengetahuan Dasar Untuk Menjadi Web Designer


Website merupakan media yang paling mudah dan cepat dalam mempublikasikan organisasi, pribadi dan perusahaan. Media ini menjadi sangat favourite saat ini karena dengan cepat akan menjadi berguna ataupun malah sebaliknya. Website menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari citra perusahaan sehingga diperlukan kehati-hatian dalam menentukan desain maupun isinya.
Dalam pembangunannya dibutuhkan beberapa pengetahuan/keterampilan standar sehingga website yang dihasilkan menaikkan citra perusahaan. Tulisan ini sebagai dasar bagi pemula untuk berani memulai membangun website dan memulai memasuki cakrawala baru yang dapat meningkatkan ketrampilan dan pendapatan anda.

Untuk memulainya, anda harus mengetahui dan menguasai beberapa pengetahuan/software diantaranya:
1. Perencanaan website
Proses ini merupakan awal dalam merencanakan halaman web dan seluruh web. Dimulai dengan mengumpulkan seluruh data dan informasi kemudian hasil akhirnya adalah sebuah “sitemap” lalu dimulai dengan merancang tata letak (layout) halaman, biasanya dilakukan mendesain tata letak halaman depan dan halaman kedua. Dalam mendesain halaman ini beberapa komponen penting biasanya masuk adalah navigasi, content, rencana letak image, copyright (bagian footer), komponen website dan hal lain yang dianggap perlu. Software yang biasa digunakan adalah: Microsoft Visio dan penulis sendiri menggunakan ConceptDraw Webwave (http://www.conceptdraw.com).
2. Desain Halaman Web Dasar
Berdasarkan hal diatas selanjutnya kita mulai melakukan desain web dengan menterjemahkan perencanaan ke dalam software desain, keahlian yang mesti diperdalam adalah typografi (kemampuan memilih font yang tepat), tata letak halaman (menguasai kemampuan membagi ruang halaman), pewarnaan (menguasai konsep warna dan pemilihan warna berdasarkan warna perusahaan dan teori pencampuran warna). Software yang digunakan salah satunya Adobe Photoshop, dengan mempelajari pembuatan tombol/navigasi, background, bekerja dengan teks, manipulasi gambar/image, dan khususnya memperdalam teknik-teknik desain website. Banyak sekali resource gratis yang bisa anda temukan di website khususnya belajar photoshop untuk website, anda bisa mencarinya di search engine dengan keyword “tutorial photoshop for web”. Untuk memudahkan anda mendesain web ini, penulis telah menyediakan sebuah web yakni www.dokumenkerja.com, anda tinggal download dan modifikasi tampilan website yang anda inginkan.
3. Desain Halaman Web Lanjutan
Untuk meletakkan halaman web hasil desain photoshop di atas, diperlukan mengubah halaman web ke dalam bentuk HTML, dan diperlukan sebuah software yakni salah satunya Adobe Dreamweaver. Dreamweaver ini yang membantu pengaturan halaman-halaman desain diubah ke HTML. Selain Dreamweaver banyak software sejenis lainnya seperti Microsoft Frontpage. Seperti juga Photoshop untuk mempelajari Dreamweaver tersedia banyak sekali tutorial gratis. Jika anda ingin cepat mudah silahkan saja mencari buku tentang Dreamwever ini toko buku.
4. Membuat Video, Flash, Shockwave dan Audio
Saat ini banyak sekali software yang digunakan untuk membuat video, flash, shocwave dan audio yang bertujuan untuk membuat website kelihatan lebih apik dan powerful. Gabungan beberapa komponen ini kita sebut dengan animasi web dan diperlukan rencana detail agar animasi yang dibuat tepat sasaran dan sesuai dengan isi website. Sedangkan untuk pemilihan software tergantung pada tingkat kerumitan animasi web, untuk saat ini yang sering digunakan adalah Adobe Flash.
Demikian beberapa kebutuhan dasar keahlian/keterampilan yang mesti dimiliki untuk menjadi desainer web/webmaster, dan untuk menjadi ahli diperlukan latihan-latihan dan beranikan diri untuk mendapatkan project-project riil dalam membangun website.Selamat mencoba.
Download Tulisan Lengkap: eko-webdesigner.zip

12 comments:

Image Manipulation said...

The design is so much creative of Web Blog. Also the law is be. May our Web Visitors be able to take More Advantage through follow this way. Thanks.

DENNY BLOGSPOT said...

Denny blogspot,,mengucapkan minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin ya ....selamat hari raya idul fitri...

Unknown said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

clipping path service india said...

Really nice information . thanks

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

informasinya sangat bermanfaat, terima kasih.....
Kekuatan Charlotte Katakuri

Clipping Path Service said...

Thanks for sharing your info. I truly appreciate your efforts and I will be waiting for your next post thank you once again.

مركز الاختيار للطب النفسي said...

نجار في عجمان
صباغ في عجمان
سباك عجمان
تركيب ورق جدران عجمان
كهربائي منازل عجمان
شركات صيانة عامة فى عجمان
تلميع سيراميك بعجمان
تركيب جبس بورد بالشارقة
https://dubai4maintenance.com

Techcloud said...


Thanks for sharing such a noteworthy post regarding the web designer. It seems very useful for my won work as I’m working with image post-production services. Please keep sharing more tips like this. image post-production

Retouching Zone said...

Thanks a lot. It’s so helpful.

David Chilson said...

Great information. It’s a really amazing website. Thanks for sharing your valuable article.
E-commerce Image Editing
Car Photo Editing

JL OUTSOURCING said...

An excellent post about web design.Thank you so much for the important information I learned from your post on web design.

Web design and development
website redesign
E-commerce website development
domain and web hosting services
woocommerce services