Monday, September 1, 2008

Uwikroskop : New Genre of PeLit

Maaf kalo gw bikin postingan" sebelumnya panjang bgt ampe ngerusak mata kalian (Ada yg ampe buta gak??). Mudah"an postingan gw kali ini lebih pendek. Doain ajah....

Gw mw kasih review PeLit (Personal Literature) yg baru. Judulnya Uwikroskop : Uwi Menggila Kamu Menggeli

Sesuai judulnya "Uwikroskop", buku ini berisi tentang pandangan Uwi akan hal" kecil di sekitar kita. Seperti ciri" khas sinetron, mainan anak zaman dulu dan zaman sekarang, teori mengenai arti "Domikadoeska", sampai foto" cewek di Friendster dgn angle yg copy-paste. Uwikroskop dilengkapi ilustrasi" komik cihui yg siap menemani kamu, naik di saat sibuk, santai, maupun buang air besar!


Sepenggal kisah Uwikroskop hlm 89 :

Anak kecil dan kata kiasan

"Mama, polisi tidur yang mana sih?" tanya Uwi kecil yang berpikir kalo polisi tidur adalah sub divisi dari polisi lalu lintas.

"Itu nak, yang tiduran di jalan," jawab nyokap.

"HAAA??? TIDURAN DI TENGAH JALAN?? KEGILES MOBIL DONG, MA??" tanya Uwi kecil terkaget-kaget.

"Iya," jawab nyokap santai.

"HAAA! KEGILES MOBILLL?? YA AMPUN, KENAPA TIDURAN DI TENGAH JALAN, MAA??" kata Uwi yang masih gak abis pikir kenapa nyokapnya bisa menjawab dengan tenang.

"Supaya mobil-mobilnya gak pada ngebut, Naaak," kata nyokap.

"YA AMPUUUNNN," kata gue hampir menitikkan air mata.

Sejak itu gue bertekad kalau jadi presiden gue bakal bikin "Hari Polisi Tidur". Untuk mengenang jasa mereka, gue juga bertekad menguburkan mereka di Tamam Makam Pahlawan Kalibata apabila ada yg gugur di jalanan. Dan di acara pemakamannya, gue sebagai presiden RI ke-7 akan memimpin upacara pemakamannya.

"Bapak-bapak, ibu-ibu...hari ini kita kehilangan seorang pahlawan kita, Paijo Marijo. Beliau tewas karena tidak kuat menahan truk gandeng yang melewatinya tadi malam. Paijo adalah seorang polisi tidur yang telah banyak membantu masyarakat. Sifatnya yang gigih tentu harus dijadikan teladan bagi kita. Semoga arwah Paijo diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa."

Kemudian pemakamannya diiringi nyanyian paduan suara murid-murid SMP terpilih dari seluruh Indonesia dilanjutkan dengan band, cheers, dan diakhiri dengan penampilan spesial dari Ran.


Comment gw : Kalo waktu kecil, polisi tidur di bayangan gw lebih ekstrim. Karna gw gak liat polisinya, gw pikir polisinya tiduran di tengah jalan trus disemen hidup". Abis tu digiles kendaraan" yg lewat. Jadilah bentuk benjolan yang tadinya merupakan manusia (yg sudah disemen) di tengah jalan.

Atw tulisan di hlm 214 :
Kiki

Bocah gundul yang sepertinya terinspirasi pada Boboho ini, memiliki lagu hits yg menurut gue sangat mendidik anak. Judulnya Berhitung. Gini nih lagunya.

Ini satu... ini dua... ini tiga...berhitung! Tung itung itung itung itung itung... (sambil goyang-goyangin kepala).

Bagus banget kan? Jadi sambil nyanyi, sang anak juga diajarin ngitung. Tapi kenapa Kiki cuma ngitung ampe tiga? Coba ampe seratus, jadi lebih banyak deh angka yang dihapal anak kecil! Bahkan kalau bisa dibikin versi perkalian, penjumlahan, pangkat, differensial dan integral dari lagu Berhitung. Pasti lebih keren lagi tuh!

Ini tujuh... pangkat lima... diintegral! Tung itung itung itung itung itung....

Comment gw : Uwi, gile kali lo? Masa angka di lagunya ampe seratus? Kapan mw kelar tuh lagu? Harusnya ampe satu trilyun pangkat lima belas milyar atuh!!!

Kalo lo bosen sama tipe buku/novel yg isinya tulisan MULU, lo WAJIB en kudu baca pelit ini.

Comment gw lagi : Uwi, tanggung jawab lo!! Gara" baca buku lo ini, gw jadi cowok!!! (emang dulunya apaan?) en rambut gw juga jadi lurus (Akh, cuma pake shampo kok. Iklan Shampo Mode : ON)

Gw juga protes ttg bayi tidak berbulu.

Dulu pas gw lahir, gw berbulu lebat. Mungkinkah aq anak hasil pesugihan siluman kera?? Tapi makin berumur bulu" tuh rontok dgn sendirinya en muncullah bocah tampan, lucu, nan imut dari baliknya !!!! (Narsis Najis Mode : ON).

Btw, gw jadi ketawa" ngekngok ngakak baca pelit ini kayak orang gila. Ortu gw aja ampe cemas melihat kondisi gw yg sudah memprihatinkan, yg nyaris terkena penyakit KTP (Ketawa Tanpa Penghujung).

Tanggapan nyokap : Aduh, apa penyakit jiwa anakku kambuh lagi ya? Harusnya pas SMP dulu masih dirawat di RSJ, tapi teh kata neng Cinta Laura suruh dikeluarin ajah....

Tanggapan bokap : N'tar malem ngapelin Lusi, janda kembang sebelah rumah ah...

Nyokap gw mencoba membaca pelit lo utk mencari jawaban penyebab gw jadi radang ketawa akut.

Hasil : Pada tiap orang berbeda". Gak nyampe 5 menit nyokap udah tertidur pulas. Lho??

Tanggapan gw ttg PeLit lo : Sumpah. Ilustrasi komiknya kacau abis, bikin mata merem melek, bibir kedap-kedip, kepala goyang", tubuh bergetar.....haelah.....

Tapi bener kok. Pelit lo tambah menarik dgn ilustrasinya (Lagi" dosa gw nambah deh)

Hehehe....XOXO....Gossip Girl......

Lho??

Yg mw download lagu lagu Cinta Laura You Say Aq atw Oh Baby klik di sini



10 comments:

mastal said...

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa ya

salamkenal :)

Khariss Juliman said...

Waw!! dulu wkt kecil gw juga sempet ngira polisi tidur itu polisi yang di semen terus tidur di tengah jalan!!! hahahahaaa....

eh, bagus gak bukunya? recomended gak tuh???

monyetgaul said...

dulu sih ngira polisi tidur itu polisi yang males trus disuruh jaga dijalan yang ada orang ngebut2an

eCHo CoLaTE said...

owh. ternyata bukan cuma gw en Uwi yang nggak "ngeh" sama polisi tifur waktu kecil.

Untuk Kaje : Kita sehati ya. Kapan nih jalan bareng biar digodain cowok"?? Lho?? (kita bukannya BCL sama Mariana Renata ya??)

Bukunya beli dulu baru tahu apa gak kalo itu bagus (promosi diperbolehkan Uwi nya langsung kok)

phio said...

gw kira polisi tidur itu polisi yang rela tidur ditengah jalan trus di lindes-lindes.Oh betapa gobloknya gw. Ayo tukeran link

Shinta Kuper said...

halah!!!
kacau semua gitu!!

gue ga pernah mikir polisi tidur sekacau itu karena waktu kecil gue bilang sesuatu yang menggunung di jalanan dengan nama "jeglikan"

ayoo dehh.. tukeran link

Shinta Kuper said...

udah masssss...
maap gue baru nge-net lagi soalnya..
hehe

Lisz said...

pengen beli jadinya

f.i.q.e.l said...

setelah dipikir2, uwi snior gw dkampus.
*trus knapa? haha*

happygie said...

gw juga baca buku ini sampe ngakak ngakak...
walowpun cuma minjem dari temen,,
hehe

lam knal ya bro,,hehe

maen2 ya ke blog saya juga..

happygiw.wordpress.com

masih newbie niih,mohon bimbingannya
ahahaw