Saturday, June 14, 2008

Bwt Pesta Buku Jakarta

1. Miracle: Menantang Maut na Gola Gong
Karna gue penggemar Final Destination trilogy gue tertarik bwt beli dan baca novel ini. Judulnya cukup menarik. Sayang gue nggak ngerti kenapa judulnya dikasih nama Miracle, bukan Destiny atau Takdir aja karna gue ngerasa cerita ini lebih ke arah kematian atau takdir daripada keajaiban. Ada sedikit unsur gaib di dalamnya yg tak terjelaskan dan tidak dapat dimengerti. Perubahan emosi para karakter terasa begitu cepat di tengah jalan cerita. Endingnya juga membingungkan. Kenapa nama Imas yang harus melengkapi daftar kematian yang menyusun kata “KITA MATI” dan bukan Kinar atau Inar? Namun novel ini cukup menarik untuk dibaca karna ceritanya unik dan mengisahkan para remaja. Ada percintaan, pertengkaran, pengkhianatan dan dibumbui beberapa kematian. Gue suka. Entah kenapa sejak buka halaman pertama gue udah yakin kalo huruf I yg terakhir dari kata “KITA MATI” itu maksudna Imas.
Rate:7/10

2. Kuntilanak na Ve Handojo
Gue beli novel ini setelah nonton filmnya. Ceritanya beda dengan cerita horror lainnya. Nuansa Jawa kian terasa banget lewat sentuhan tangan Ve Handojo. Novel ini menjelaskan banyak hal yang tidak dijelaskan di filmnya sendiri. Ceritanya memang kurang tegang karna jarangnya penampakan, penulis ingin menekankan kepada isi ceritanya. Akhir cerita dibuat sengaja menggantung untuk melanjutkan ke Kuntilanak2. I’m so interested in it.
Rate:8/10

3. Kuntilanak 2 na Ve Handojo
Meneruskan cerita Kuntilanak, novel ini memberikan gambaran kehidupan Sam setelah memiliki durmo pemanggil kuntilanak. Ceritanya lebih suram, lebih gelap, dan lebih banyak konflik yg terjadi karna sisa-sisa penganut Mangkoedjiwo menginginkan Sam bergabung dengan mereka. Sayangnya dalam novel ini, Agung, pacar Sam harus tewas di tangan salah satu Mangkoedjiwo. Hal ini dapat membuat cerita Kuntilanak 3 nantinya sedikit goyah karna Agung juga merupakan tokoh penting dan kemungkinan novel Kuntilanak 3 tidak akan seru tanpa kehadiran tokoh Agung yg setia membantu Sam.
Rate:8/10

4. Film Horor
Kocak. Gila. Setan abis!!!! Mungkin awalnya seram, terlihat dari cover buku ini yang dipenuhi gambar setan yg macam-macam. Tapi ceritanya benar-benar menipu. Hantunya bukan nakut-nakutin malah bikin ketawa. Apalagi ditambah setiap tindakan para tokoh yg membuat novel ini LUCU BANGET!!! Gue aja ngakak hampir tiap 5 kali semenit ngebacanya. Keren najis deh pokoknya. Tapi beda ma filmnya yg rada jayus.
Rate:9/10





5. My First Triangle Love
Tokohnya banyak banget. Ceritanya cukup nambah informasi tentang tempat-tempat bagus di luar negeri kayak Singapura, Thailand, dan Malaysia. Yang menarik saat tokoh utama nonton sex show di Thailand. Gak tahu deh apa bener ada sex show di Thailand, hanya penulis yang tahu. Endingnya mengejutkan karna ternyata cowok yg ditaksir cewek tokoh utama selama ini suka dengan kakak si cewek tokoh utama. Dan cowok yg naksir cewek tokoh utama malah jadian sama cewek lain. Si cewek tokoh utama malah nggak dapet cowok manapun. Moral dari novel ini : Jangan suka maruk mau semua karna akhirnya lo malah gak dapet satupun juga.
Rate:9/10

6. Brokeback Mountain
Filmnya menuai banyak kontroversi dari banyak pihak. Ceritanya sendiri mengenai dua koboi (yg sama-sama lelaki) menjalin cinta sampai berhubungan sex. Tabiat keduanya tidaklah baik, urakan dan kurang tahu sopan santun. Cerita yg cukup menyentuh. Memberi pesan bahwa cinta tak kenal jenis kelamin namun menurut saya cerita ini sangat menyalahi kodrat. Akhir ceritanya menyedihkan.
Rate:7/10

7. Disini Ada Setan
Nggak masuk akal sama sekali. Kenapa orang-orang yg cuma numpang liburan ke tempat angker malah dibunuh hantu bengis penunggu danau? Cara kematiannya sangat aneh dan tak bias dimengerti akal sehat. Tidak menyeramkan dan cukup konyol.
Rate:5/10

8. Lewat Tengah Malam
Judulnya cukup mistis. Settingnya kebanyakan di apartemen tokoh utama dan ibunya. Hal yang menarik adalah si tokoh utama diganggu hantu namun ternyata si tokoh utama juga sudah menjadi hantu sejak awal cerita. Cukup membuat terkejut pembaca. Hanya teman dekatnya dan ibunya yang dapat melihat si tokoh utama tersebut. Akhir cerita cukup tragis karna si ibu bunuh diri untuk menemani hantu tokoh utama selama-lamanya.
Rate:6/10

9. Suster N : Dendam Suster Ngesot
Entah kenapa ceritanya terkesan datar, biasa saja dan mudah ditebak. Kurang seru karna suster ngesot hanya membunuh oma dan opa yang sudah tua. Dengan setting di sebuah panti jompo makin membuat cerita ini kurang menarik. Cerita suster ngesot yang menyamar jadi manusia terlalu aneh, di luar nalar dan sangat dipaksakan. Membaca cerita ini sama dengan nonton film-film horror zaman Suzanna yang kurang bermutu. Gue cuma suka tokoh suster ngesot doang,bukan ceritanya.
Rate:3/10




10. Goosebumps
Setiap cerita cukup menarik untuk disimak. R.L. Stine dapat membawa pembaca menyelami pikiran setiap tokoh utama dan menanti kejutan apa yg akan terjadi berikutnya. Ceritanya cukup bervariasi bahkan tak pernah terpikirkan oleh gue sebelumnya.
Rate:8.5/10

11. Panggil Namaku 3x
Cerita penyiksaan yang sudah sangat biasa terjadi. Gadis paling cupu satu sekolah menjelma jadi gadis cantik nan trendy popular. Pembalasan dendam hantu pun terasa cukup aneh (dimana-mana hantu balas dendam aja udah aneh). Akhirnya mudah ditebak. Nggak begitu seru namun nggak terlalu membosankan.
Rate:5/10

12. Hantu Jeruk Purut
Kuburan Jeruk Purut sendiri memang sudah terkenal kemana-mana sama seperti terowongan Casablanca. Cerita novelnya menarik. Kematian-kematian yg ada di dalamnya mirip Final Destination. Akhir ceritapun cukup mengejutkan. Gue udah sibuk nyari novelnya waktu denger filmnya mau rilis
Rate:7/10

13. Silver Is For Secrets
Seharusnya gue ngebaca dua buku sebelumnya tapi gue males. Novel ini berbau magis, penglihatan, masa depan dan ramalan. Dan seperti yg gue suka, dalam novel ini ada bagian yg sangat mengejutkan. Surprise melihat endingnya. Pacar si tokoh utama jatuh ke laut dan tidak ditemukan lagi. Mestinya gue ngebaca buku berikutnya tapi gue nggak niat baca lanjutannya karna cerita ini terlalu ringan.
Rate:7/10

14. Malam Jum’at Kliwon
Gue udah nonton filmnya. Kalo novel adaptasi lain cuma beda sedikit dengan filmnya, novel ini sama sedikit dengan filmnya karna banyak banget bedanya. Malah ending ceritanya jadi sangat amat beda dengan filmnya. Cerita novelnya lebih aneh dan gak manusiawi. Cerita novelnya cukup bikin bingung dan gak jelas. Serasa cuma mimpi.
Rate:5/10

15. Cinta Pertama
Sedih. Kesan pertama yg tertangkap pas baca judulnya. Begitu baca ceritanya makin terasa masa lalu SMA tokoh utama dan cowok yg disukainya. Intimya cinta yg gak pernah tersampaikan secara lisan karna keduanya gak pernah jujur mengakui perasaanya walaupun hubungan keduanya sudah sangat dekat. Akhir cerita mengharukan dan menyedihkan tapi gue nggak sampai netesin airmata.
Rate:7/10



16. Beri Aku Dunia : Banci Juga Manusia
Novel gratisan yg gue dapet di sebuah acara. Ceritanya terlalu singkat. Hanya menggambarkan emosi dan perassaan si banci saja. Endingnya gak jelas. Novelnya tipis. Jadi serasa cuma baca cerpen kacangan aja. Tadinya novel ini pengen gue kasih hadiah buat temen aja tapi belum sempat.
Rate:1/10

17. Kambing Jantan
Konyol,edan,dan nyeleneh!!!! Bukan hanya si kambing jantan yg menggiatkan hal-hal gokil tapi juga orang-orang di sekitarnya. Bikin ngakak aja kerjanya. Selain hal konyol ada juga sih cerita serius dan menyedihkan. Must read item by people nih!!! Gue suka warna covernya, ijo kesukaan gue ditambah gambar si kambing yg lucu banget. Salut buat buku ini karena menjadi blog Indonesia pertama yg dibukukan dan mendapat Best Indonesian Blog Award 2003
Rate:9/10

18. Cinta Brontosaurus
Novel kedua si kambing jantan. Masih tetap lucu dan kocak. Cuma kenapa ya di novel kedua gue mengalami penurunan intensitas ketawa? Mungkin karna ceritanya kurang banyak. Bukunya juga lebih tipis dari yg pertama.
Rate:8/10

19. Radikus Makankakus : Bukan Binatang Biasa
Nah. Di novel ini gue mengalami kenaikan intensitas ketawa. Lebih kocak gila, sedenk, lucu apalagi covernya. Gambar Dika pake tanduk rusa. Yg jadi pertanyaan gue adalah: Apakah Raditya Dika gila beneran atw sengaja digila-gilain? Trilogy novelnya Raditya Dika jadi Must Have Books di koleksi gue.
Rate:9.3/10

20. Gokilmom
Pertama kali liat, gue kirain pengarangnya Yennie yg nulis Hantu Jeruk Purut, Malam Jum’at Kliwon dan Film Horor, ternyata bukan Yennie yg itu. Setahu gue ini merupakan blog kedua yg dibukukan. Bener gak ya?? Isinya dari blog penulis yg dodol banget. Gak nyangka aja kalo orang cadel itu repot banget komunikasi dengan manusia normal. Sama seperti ibu-ibu lainnya, penulis sempat ngebahas masalah sex di buku ini. Dasar emak-emak!! Anyway, buku ini jadi buku kedua yg Must Have Books koleksi gue setelah Trilogy of Kambing Jantan.
Rate:8.4/10

21. Lawang Sewu : Dendam Kuntilanak
Tertarik dengan judulnya. Tegang juga. Masa lalu para tokoh yg ternyata menyebabkan mereka dikejar-kejar hantu yg ada di Lawang Sewu. Pesan moral novel ini: Jangan suka nyakitin orang lain kalo gak mau disakitin orang lain/makhluk halus!
Rate:7.01/10


22. Nightmare Hour
10 cerita. 10 kengerian dalam 1 buku. R.L. Stine merupakan pengarang handal yg mampu membawa nuansa horor dengan cerita tersendiri. Ceritanya cukup kreatif dan kadang membuat kita berpikir: ”Ah,gue juga bias ngalamin kayak gitu” dan bergidik ngeri. Gue sampai nyimpen buku ini selama seminggu setelah selesai baca untuk pertama kalinya.
Rate:8/10

23. Bangsal 13
Interesting. Tokoh ceritanya gak terlalu banyak jadi gak bikin pusing. Dua fokus utama cerita ini adalah Mina dan Nat. Sepanjang cerita kedua perempuan ini berperan penting. Sayangnya Nat tidak dapat terselamatkan karna terkurung dalam bunker kecil di bawah kamar mandi bangsal. Suster ngesot merupakan setan favorit gue, jadi gue kasih dua jempol untuk novel ini ditambah ceritanya gak ngalor ngidul kemana-mana kayak cerita novel horror lainnya.
Rate:8/10

24. Virgin
Menarik melihat gaya hidup tiga gadis remaja yg terlihat selalu hidup dalam dunia glamor dan kemewahan. Demi bertahan dalam dunia tersebut, salah satu dari mereka sampai nekad menjual keperawanan pada om-om tak dikenal di sebuah mal. Pertengkaran kerap mewarnai kehidupan mereka namun salah satu dari mereka tetap bisa mempertahankan keperawanan. Pesan moralnya adalah:Jangan tiru hal-hal yg negatif, tetap jaga keperawanan. Be healthy be virgin!!
Rate:7.5/10

25. Mirror
Mengetahui seseorang akan segera mati merupakan tekanan batin. Apalagi saat tahu diri kita yg akan mati berikutnya. Maut memang tidak terhindarkan. Tokoh utama cerita ini memang meninggal namun cintanya masih tetap tertinggal untuk pria tercinta. Sedikit horror namun berakhir menyedihkan.
Rate:7/10

26. Missing
Gue pikir novel ini akan misteri banget sesuai judulnya. Tapi ternyata nggak. Ceritanya menjurus ke arah konyol. Akhir cerita bukan happy ending malah membuat pembaca bingung kenapa akhirnya harus begini.
Rate:4/10








27. Join The Gang
Ceritanya cowok banget sampai nggak nyangka yg nulis cerita ini adalah seorang cewek. Ceritanya unik karna berdasarkan dari sudut pandang keempat tokoh utama yg semuanya cowok. Tiap cowok menggunakan jenis tulisan yg berbeda. Sangat menarik. Sebelum gue buka halaman Tentang Pengarang, gue yakin pengarangnya cowok, abis namanya juga Ken, ternyata begitu tahu….Waw keren!!! Cewek bisa bikin cerita sudut pandang keempat cowok yg dunianya cowok banget. Lima jempol buat Ken (2 jempol tangan, 2 jempol kaki, satu lagi pinjem jempol orang lain)
Rate:9.6/10

28. It’s My Solitaire
Gue bener-bener tertipu abis-abisan baca cerita ini. Ternyata hampir semua tokoh pendukung yg ada merupakan imajinasi belaka dari si tokoh utama. Gue sama sekali nggak nyadar. Gak nyadar kalo tokoh utama penderita skizofrenia, gak bisa bedain mana yg kenyataan mana yg hanya imajinasi. Ceritanya bagus, menawan sekaligus menjebak. Jadi inget film Beautiful Mind
Rate:9.7/10

29. Get Married
Lucu dan wajar-wajar saja kelucuan di dalamnya. Apalagi berakhir dgn happy ending Mae menikahi Rendy, pria yg benar-benar disukainya.
Rate:7.5/10

30. Fear Street:Truth Or Dare
Dari awal gue udah bisa nebak siapa pembunuh yg udah menghabisi nyawa 1 cewek dari 5 orang yg ada. Kali ini R.L. Stine membuat cerita yg tidak terlalu misteri dan tidak terlalu menegangkan
Rate:6/10

Demikian review yg saya tulis berdasarkan buku-buku yg sudah pernah saya baca.Maaf kalau ada yag tidak setuju karna pendapat tiap orang berbeda.

No comments: